Arsip Bencana

Berita / Bencana

Banjir Melanda Di Beberapa Wilayah Di Kabupaten Kebumen

20 Desember 2017 13:11:29 WIB Sardi Anwar Bencana dibaca 101 kali

KEBUMEN ON NEWS - Hujan deras yang mengguyur Kebumen dan sekitarnya utamanya wilayah utara Kebumen telah mengakibatkan meluapnya Sungai Kedung Bener yang kebetulan melewati Desa Wadasmalang, Plumbon, Krakal, Kalirancang, Seliling, Sewangan , Bandung Seruni sampai ke Kedungbener. Biasanya kalau terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau deras lebih dari 1 jam pasti wilayah bawah Krakal keselatan pasti sudah meluap dan jalan-jalan sudah tergenang air.

Seperti hujan yang terjadi pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2017 pukul 13.00 s/d 15.00 telah mengakibatkan banyak potensi bencana diantaranya banjir dan tanah longsor. Seperti yang terjadi di Desa Plumbon tepatnya di Lokasi Gedung SMP Negri 2 Karangsambung yang terletak di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung, hujan telah mengakibatkan longsornya talud pengaman sekolahan yang berada di sebelah timur lokasi sekolahan . Kejadian ini terjadi pada pukul 15.15 WIB dan yang membuat prihatin pada saat kejadin kebetulan ada sebuah mobil yang sedang melintas di jalan lokasi tersebut sehingga sertamerta material longsoran menimpa dan menghimpit mobil kijang tersebut. Beruntung sopir yang bernama Prayit tidak mengalami  apa-apa atau luka yang berarti hanya merasa takut dan trauma.

Akibat terhantam material longsoran kondisi mobil rusak dan penyok, kaca depan dan samping pecah semua ban rodanya juga pecah. Kejadian ini bermula ketika sdr. Prayit baru saja pulang dari Kebumen setelah berbelanja sembako, namun pada waktu melintas di jalan sebelah timur sekolahan SMP tuba-tiba tanggul/talud pengaman tebing ambrol bersama material batu dan tanah,sehingga menimpa mobil kijang hitam tersebut.

Pihak sekolah dan aparat Desa segera meminta pertolongan kepada warga sekitar untuk menyingkirkan material yang menindih mobil. Berkat bantuan warga sekitar pkul 14.00 WIb kendaraan dengan di bantu ditarik tambang bisa dievakuasi.

Akibat kejadian bencana ini kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah dan untuk sementara jalan sudah bisa di lewati meskipun harus berhati-hati karena material longsoran masih menutupi sebagian badan jalan. (admin/sa)


"Demikian seperti dilaporkan oleh Sardi Anwar dari Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."