Arsip Bencana

Berita / Bencana

Kebumen on News - SEMPOR - Akibat hujan yang terus menerus pada Kamis sore, sekira pukul 20.00 wib menyebabkan tanah longsor di Dukuh Lemprak RT 04 RW 07 Desa Kenteng Kecamatan Sempor (21/12).

Tidak ada laporan korban jiwa, hanya dua warga dikabarkan terluka saat kejadian namun sudah dilakukan perawatan. 8 Kepala Keluarga (KK) dengan total 40 Jiwa terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Jum'at siang (22/12) Sekretaris Daerah Kebumen meninjau lokasi tanah longsor di Desa Kenteng Kecamatan Sempor, Dari pantauan serta masukan di lapangan Pemerintah Daerah Kebumen akan merelokasi ke-8 rumah yang terdampak longsor.

Pada saat itu juga memerintahkan Kepala Desa Kenteng untuk segera melaporkan ketersediaan lahan relokasi masing-masing korban serta membentuk kepanitiaan dalam pembangunan relokasi tersebut.


Untuk kegiatan pembangunan, tenaga diharapkan secara swadaya dan gotong royong dari masyarakat yang dibantu TNI / POLRI serta relawan, setelah ketersediaan lahan yang akan dibangun. Sementara posko lapangan dan Dapur Umum yang saat ini ada akan dikelola oleh Destana Desa Kenteng.


Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui BPBD Kabupaten Kebumen sudah menyalurkan bantuan untuk 8 rumah. " Bantuan sementara yang sudah disalurkan meliputi famili kit, paket sandang, peralatan dapur, peralatan makan, tikar, selimut, beras masing-masing 15 kg/ KK dan paket logistik bahan makanan ditambah paket dari Dinas Sosial," jelas Heri Purwoto Bakohumas BPBD Kebumen.


Untuk pemenuhan kebutuhan dasar, sementara warga akan memasak sendiri karena mereka mengungsi secara berpencar ke rumah tetangga disekitar lokasi. (h4r) 


"Demikian seperti dilaporkan oleh Hariadi dari Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."