Arsip Ekonomi

Berita / Ekonomi

Budidaya Burung Puyuh Oleh BUMDES Klirong Makmur

11 November 2017 08:25:18 WIB PRIYO SUSANTO Ekonomi dibaca 208 kali

KEBUMEN ON NEWS -Badan Usaha Milik Desa Klirong Makmur "BUMDES KLIMAK" di bawah komando Bapak Marsino selaku Manager mulai menjalankan usahanya pada bulan Juli 2017 dengan bidang usaha ternak burung puyuh petelor. Untuk menjalankan usahanya, BUMDES KLIMAK mendapatkan bantuan modal dari Pemerintah Desa Klirong sebesar 83 juta yang merupakan penyertaan modal desa kepada BUMDES yang berasal dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017. Usaha tersebut dipilih karena merupakan bidang usaha yang mempunyai nilai ekonomi tinggi (keuntungannya besar)  dengan harapan selain menembah lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga untuk mengembangkan usaha dari BUMDES itu sendiri. Namun usaha ini juga mempunyai resiko yang sangat tinggi apabila dalam pengelolaannya tidak sesui dengan semestinya.

Dengan modal terebut, BUMDES memulai usahanya mulai dari tahap persiapan pembuatan rumah kandang, pembuatan kandang, pembuatan tempat kotoran burung, dan peralatan lain yang harus disiapkan untuk mengelola burung puyuh mulai dari umur 0 hari sejumlah 4000 ekor. Setelah kurang lebih umur 28 hari, sebagian burung puyuh sudah mulai berproduksi, dan sekitar 4 minggu kemudian dari 4000 ekor sudah dapat menghasilkan 30 - 38 kg telur setiap harinya.

Untuk kelancaran usaha tersebut, Pengurus BUMDES, Kepala Desa Klirong selaku Penasehat BUMDES dan juga Tim Pengawas BUMDES senantiasa berkoordinasi dan bekerja sama sesui dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing, karena BUMDES KLIMAK merupakan amanat dari seluruh masyarakat Desa Klirong, sehingga sebisa mungkin harus mendatangkan manfaat bagi masyarakat desa Klirong. Paling tidak, setelah satu periode produksi burung puyuh (15 bulan) BUMDES KLIMAK dapat melanjutkan dan mengembangkan usaha dengan modal dari hasil usaha selama satu periode tersebut.

"Demikian seperti dilaporkan oleh PRIYO SUSANTO dari Desa Klirong Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."