Arsip Kesehatan

Berita / Kesehatan

Penyuluhan Pemantauan dan Pencegahan Penyalah Gunaan NARKOBA dan Zat Aditif Lainya

19 Desember 2017 08:55:02 WIB Sardi Anwar Kesehatan dibaca 159 kali
KEBUMEN ON NEWS - Plumbon tanggal 19 Desember 2017 hari Senin telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Pemantauan dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Zat Aditif lainnya. Kegiatan
tersebut sebagai salah satu rangkaian kegiatan pembangunan manusia dan
peningkatan kapasitas atau pelatihan-pelatihan sebagai realisasi kegiatan yang didanai oleh APBDes Desa Plumbon Tahun Anggaran 2017. Selain kegiatan penyuluhan pemantauan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba
dan zat aditif lainnya, sebelumya berturut-turut sudah dilaksanakan
kegiatan penyuluhan kesehatan bagi ibu-ibu hamil dan kegiatan pengobatan

gratis bagi Rumah Tangga Miskin (RTM). Semua kegiatan tersebut didanai menggunakan APBDes
sumber dana DD tahun anggaran 2017. Maksud dan tujuan diselenggarakanya
kegiatan penyuluhan pemantauan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba dan zat aditif lainya adalah agar masyarakat mengerti dan paham :

  1. Apa itu narkoba dan jenis-jenis narkoba atau
  2. Kegunaan narkotika dan obat-obatan sejenisnya di bidang kedokteran
  3. Bahaya penggunaan narkoba yang disalahgunakan
  4. Pemantauan dan pencegahanya bagaimana,
  5. dan Sangsi hukum atas pelanggaran penggunaan penyalahgunaan narkoba,

Peserta kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK, Remaja Karangtaruna, tokoh masyarakat, perangkat desa dan anak-anak sekolah dari SMP Negeri 2 Karangsambung dengan Jumlah peserta sebanyak 50 peserta. Sebagai narasumber berasal dari dua instansi yaitu dari instasi UPT Dinas Kesehatan Karangsambung (Puskesmas) dan Polsek Karangsambung (Kepolisian). Dari UPT Dinas Kesehatan yaitu Ibu Dr. Amelia K dan dari Polsek diwakili anggota kepoisian Bpk. Suyanto.

Masing-masing menyampaikan bahaya Narkoba dan Zat aditif lainya dari dua aspek yaitu aspek kesehatan dan aspek Hukum dengan diberikan formula atau cara pencegahan dan pemantauanya. Semua peserta mengikuti denga penuh antusias dan responsif.

"Demikian seperti dilaporkan oleh Sardi Anwar dari Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."