Berita / Pertanian

Kelompok Tani Desa Sawangan Tanam Ratusan Bunga Refugia Untuk Usir Hama

07 Desember 2018 19:32:30 WIB Juni Aminudin Pertanian dibaca 50 kali

KEBUMEN ON NEWS - Desa Sawangan Kecamatan Kuwarasan dengan areal persawahan sekitar 117 hektar ini mayoritar penduduknya adalah petani. pada bulan desember kali ini musim tanam baru mulai dengan mengawali pembibitan padi atau biasa dikenal oleh penduduk adalah " nyebar ".

Bersamaan dengan musim nyebar padi, Kamis ( 6/12/2018 ) Kelompok tani Desa Sawangan menanam tanaman bibit bunga kenikir dan bunga matahari. Bunga yang dikenal dengan jenis refugia ini merupakan tanaman yang bermanfaat bagi petani karena akan mengurangi hama padi.

Penanaman bunga jenis refugia ini dilakukan ditepi jalan sehingga nantinya ketika tanaman ini berbunga akan memperindah lingkungan dan juga  nantinya ketika musim panen padi tiba akan meminimalisir adanya serangga hama tanaman padi karena tanaman ini akan sebagai penarik perhatian serangga musuh alami petani dan serangga hama tanaman akan tinggal di bunga kenikir dan bunga matahari ini.

Bapak Sumarno yang merupakan petugas ulu-ulu ( petugas pengairan sawah ) Desa Sawangan ini menuturkan dengan adanya tanaman ini akan meminimalisir penggunaan pestisida ketika musim panen padi tiba karena hama akan tinggal di tanaman ini.

Dipaparkan olehnya "Program penanaman ratusan tanaman bunga kenikir dan bunga matahari ini berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Kebumen melalui Petugas PPL BPP Kecamatan Kuwarasan" Pungkasnya.

Peran masyarakat untuk merawat dan menjaga tanaman ini sangat penting karena ketika masyarakat merawat tanaman akan tumbuh dengan baik dan akan suksesnya program ini dan menjadi percontohan bagi kelompok tani lainnya.

"Demikian seperti dilaporkan oleh Juni Aminudin dari Desa Sawangan Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."