Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Berbisnis Bibit Lele, Maksimalkan Lahan Kosong Menjadi Cuan

Hanny Garnet

Dibaca 99x

2022-11-16 15:51:38

#

KEBUMEN ON NEWS - Pandemi memang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Cukup masuk akal, hal tersebut disebabkan banyak perusahaan merugi dan perlu berfikir untuk tetap menjalankan usahanya tanpa pengeluaran besar disaat pemasukan atau omzet menurun drastis. Hal terparah, banyak perusahaan ataupun pengusaha yang terpaksa menutup bisnis mereka karena pemasukan yang tidak ada sama sekali sepanjang pandemi berlangsung. 


Namun bukankah hidup harus terus berjalan? Ya, tentu saja! dan situasi sulit ini memang membutuhkan ide cemerlang dan kerja keras yang lebih besar untuk tetap bertahan hidup. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bukan menajdi alasan bagi seseorang berhenti bermimpi. Tak sedikit yang justru berhasil memanfaatkan situasi pandemi menjadi sumber penghasilan besar. Contoh saja bisnis pengadaan masker kain yang sempat sukses dijalani banyak home industri.

 

Tak hanya itu, bagi mereka yang memang memiliki mental bisnis, selalu ada motivasi dalam dirinya untuk membuat usaha, meski di satu sisi mereka pun sudah memiliki pekerjaan tetap. Seperti halnya Bogy Aryanto (35 tahun) warga Keceme, Kutowinangun. Pemuda yang sebenarnya sudah bekerja di sebuah instansi pemerintah sebagai seorang Tenaga Harian Lepas (THL) itu tetap memiliki mimpi besar untuk bisa sukses menjadi seorang pebisnis. 


Bogy, begitu ia akrab disapa, memanfaatkan lahan pekarangan di halaman rumahnya sebagai lokasi tempat pembibitan lele. Ada lebih dari lima kolam besar dari bahan terpal yang memenuhi pekarangan rumahnya.


"Sayang kalau kita cuma mengandalkan gaji sebagai pegawai, sementara kita masih punya cukup waktu untuk menjalankan usaha," ujar Bogy, Rabu (16/11/2022).


Bogy pun membagikan sedikit pengalamannya tentang awal ia menjalani bisnis pembibitan lele. Bogy mengaku mengeluarkan modal awal sekitar Rp500 ribu untuk membeli 10 ribu ekor bibit lele beserta kelengkapannya. Seperti pelet ikan, cacing sutra sebagai pakan, dan obat-obatan. 


Di awal memulai bisnisnya, Bogy melakukan semuanya sendiri tanpa karyawan. Dengan tekun setiap hari sepulang kantor ia mulai melakukan perawatan bibit lele yang ia beli.


"Satu pemijahan bisa menghasilkan 30 ribu sampai 50 ribu ekor," kata Bogy.


Selain ketekunan, yang dibutuhkan dalam menekuni bisnis bibit lele adalah perawatan rutin.


"Harus rutin ganti air, makannya harus diperhatikan juga sekali empat sampai lima kali, kemudian kita harus memastikan bibit lele jangan sampai stres," ujar Bogy berbagi rahasia.


Setelah hampir satu tahun lebih menjalankan bisnis bibit lele, Bogy mengaku ia mulai bisa menghitung laba yang cukup lumayan. Harga bibit lele di pasaran juga semakin bagus seiring dengan tingginya permintaan di pasar.


"Kita juga harus kuasai marketing, rajin menawarkan, kalau bisa dengan partai besar, jadi untungnya akan lebih besar juga," lanjutnya.


Harga bibit lele ukuran 3/4 per ekor Rp100, ukuran 3/5 Rp150, kemudian ukuran 4/6 Rp200 serta ukuran 4/7 dan 5/7 masing-masing Rp300. 


Pembeli biasanya membeli dalam partai besar dengan minimal jumlah 5000 ekor dan kelipatannya. 


Ditanya tentang omzet bulanan, Bogy enggan mengatakannya, namun ia memastikan bisnis bibit lele cukup memiliki prospek besar jika ditekuni. (garnet) 

 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News