Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

BAZNAS Kebumen Siapkan 1,75 Miliar untuk Beasiswa Program Kebumen Cerdas

Hanny Garnet

Dibaca 77x

2022-11-29 08:35:00

#

KEBUMEN ON NEWS - BAZNAS Kabupaten Kebumen Tahun 2022 ini menganggarkan Rp1,75 Milyar untuk Beasiswa Program Kebumen Cerdas. Program beasiswa ini diperuntukan bagi siswa dari keluarga kurang mampu.


Seleksi tertulis program beasiswa Kebumen Cerdas berlangsung, Sabtu (26/11/2022) di Aula Tulus Kebumen.


Tahun ini ada beberapa jenjang pendidikan prgram beasiswa yang disediakan. Untuk siswa jenjang SMP/MTS tersedia kuota sebanyak 2100, namun pendaftar hanya sejumlah 1073 anak. Mereka kemudian dinyatakan berhak mendapatkan biaya penunjang pendidikan tanpa mengikuti tes tertulis. 


Jenjang SMA/SMK/MA, jumlah pendaftar sebanyak 213 orang, dinyatakan lulus seleksi (memenuhi syarat) sebanyak 188 orang. 


Kemudian, jenjang S1 / D3, pendaftar sebanyak 78 dan dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 77 orang. Untuk jenjang S1 TPK LPKI /Kader Dakwah, 23  pendaftar, memenuhi syarat 13 orang.


Selain itu, BAZNAS juga memberi kesempatan bagi para Santri Tahfidz 5 (lima) juz ke atas untuk mendapatkan program beasiswa. Dari 105 orang santri, yang  memenuhi syarat hanya sejumlah 94 orang. 


Dijelaskan Ketua BAZNAS Kebumen, Bambang Soecipto, bahwa Program Kebumen Cerdas dibagi dalam 2 (dua) jenis. Pertama, beasiswa berorientasi dari kelas atau tingkat awal sampai selesai. Kedua, dana penunjang pendidikan, yakni bantuan instidental untuk mengatasi kekurangan biaya saat menjalani pendidikan.


"Jadi ada dua macam beasiswa yang kami sediakan, ini karena menyesuaikan kondisi di lapangan, jadi ada yang perlu biaya pendidikan dari awal sampai selesai, ada juga yang karena kondisi tertentu memerlukan biaya pendidikan, nah ini kami bantu di tengah-tengah pendidikan," jelas Bambang Soecipto.


Bambang juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kebumen dan jajarannya yang terus memberikan dukungan fasilitas, serta mempercayakan pengelolaan ZIS kepada BAZNAS Kabupaten Kebumen.


"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Kebumen, Sekda, dan Pimpinan OPD yang terus memberikan dukungan, fasilitas. Juga kepada semua pihak baik personal maupun institusional, yang telah mempercayakan pengelolaan ZIS-nya kepada BAZNAS Kebumen. Insya Allah akan kami kelola dengan penuh tanggung jawab, baik secara Syar'i maupun peraturan perundangan yang berlaku. Kami tetap berkomitmen aman Syar’i  Aman Regulasi dan aman NKRI," tambah Bambang.


Program beasiswa yang dikelola BAZNAS Kebumen dijelaskan Bambang juga merupakan upaya jangan sampai ada peserta didik yang putus sekolah, mahasiswa droup out  atau santri putus mondok karena faktor biaya. (garnet) 

 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News