Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

LKKNU Bagikan Bibit Tanaman Gratis Bagi UMKM Yang Mengajukan Izin Usaha

Imam Nurdiansyah

Dibaca 38x

2022-12-14 10:26:51

#

KEBUMEN ON NEWS - Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kebumen, memberikan bibit tanaman gratis kepada para pelaku UMKM yang mengajukan perizinan usaha. Ada 100 bibit tanaman yang dibagikan di antaranya Ketapang Kencana, Tabebuya, dan juga Bidara. 


Pelayanan perizinan usaha dari DPTMTSP ini resmi dibuka di Aula Kecamatan Pejagoan yang bekerjasama dengan LKKNU Kebumen, pada Selasa (13/12/2022). Masyarakat yang mengajukan izin usaha di sini tidak dipungut biaya apapun atau gratis. 


Ketua LKKNU Kebumen Sri Rahayu menuturkan, kegiatan ini bekerjasama dengan Kecamatan Pejagoan bersama DPTMTSP Kebumen dan juga LKKNU. Di mana selain mengurus izin usaha gratis, para UMKM ini mendapatkan bonus berupa bibit pohon dari LKKNU Kebumen. 


Menurutnya dengan pemberian bibit tanaman ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Utamanya untuk mendukung program Bupati Kebumen yakni Nandur Wit Nggo Anak Putu


"Jadi mereka yang mengurus izin usahanya ini dapat bonus juga yakni bibit tanaman dari LKKNU, ada Tabebuya, Ketapang Kencana, dan juga Bibit Pohon Bidara," ucapnya. 


Sementara itu, Camat Pejagoan Kinanto saat ditemui mengapresiasi pemberian bibit tanaman oleh LKKNU bagi masyarakat yang mengurus izin usaha di Kecamatan Pejagoan. Di sini ditargetkan sebanyak mungkin, para pengusaha kecil di Kecamatan Pejagoan untuk mengurus izin usahanya. 


Menurutnya, antusiasme warga dalam mengajukan izin usaha dalam pelayanan DPTMTSP yang dibuka di Kecamatan Pejagoan relatif tinggi. Ada lebih dari 43 pendaftar yang telah berhasil mendapatkan izin usaha, dan masih banyak lagi pelaku usaha yang mengantri di Kecamatan Pejagoan. 


Dikatakan Kinanto, adanya pelayanan perizinan merupakan bentuk dukungan dari pemerintah untuk para pelaku UMKM. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan dunia usaha di Kecamatan Pejagoan, agar masyarakat lebih bersemangat dalam membuka usaha. 


"Dunia usaha warga yang sudah mendapatkan perizinan ini, pemerintah akan mencoba dan berusaha melaksanakan pendampingan, begitu juga kepada warga yang sudah mendapatkan izin bisa lebih ulet dan lebih telaten dalam pembuatan produk dan juga memasarkan, pemerintah siap membantu," tuturnya. 


Bidang Izin Usaha DPTMTSP Kabupaten Kebumen Hadi Purwanto mengatakan untuk memberikan dukungan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DPTMTSP Kebumen membuka layanan mobile, yang saat ini dibuka di Kecamatan Pejagoan. Masyarakat yang ingin mengajukan izin usahanya bisa langsung dilayani di tempat dan diterbitkan Nomor Ijin Berusaha (NIB) secara gratis.


Untuk pengajuan izin juga cukup mudah, masyarakat hanya melampirkan KTP, email dan juga nomor handphone yang aktif dan juga NPWP. Sedangkan untuk UMKM tidak diwajibkan melampirkan NPWP. 


"Kita melayani masyarakat secara langsung, kita melayani penerbitan NIB, Nomor Induk Berusaha di situ kita memberikan layanan langsung dan kita terbitkan izinnya saat itu juga, persyaratan sangat mudah sekali cukup hanya KTP, email, nomor handphone yang aktif dan juga NPWP, untuk UKM tidak diwajibkan NPWP," jelasnya. 


Sugeng Riyadi salah seorang yang mengajukan izin usaha mengaku senang dengan dibukanya pelayanan perizinan usaha dari DPTMTSP yang dibuka di Kecamatan Pejagoan. Terlebih, usai mengurus izin usaha, ia bisa mendapatkan bibit tanaman gratis dari LKKNU Kebumen. 


Dirinya yang membuka usaha plafon dari anyaman bambu ini sangat berharap usahanya bisa tumbuh dan berkembang usai mendapatkan Nomor Ijin Berusaha. Terlebih perizinan yang diberikan juga gratis dan persyaratannya juga cukup mudah. 


"Mudah-mudahan dengan adanya ini kita bisa lebih baik dalam berusaha, kalo kita ada kesulitan apa kan kita bisa minta solusinya kepada pemerintah seperti itu," pungkasnya. (IN/gp)

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Wisata Alam Curug Silancur Wadasmalang Karangsambung

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki tempat wisata yang asri salah satunya Curug Silancur.  Curug yang masih belum banyak orang tahu ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melihat secara langsung. Wisatawan dapat melihat pemandangan air terjun yang sangat...


Pemandian Air Panas Krakal Kini Dilengkapi Hunian Villa

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Berjarak 11 kilometer dari pusat kota Kebumen, Pemandian Air Panas Krakal yang berada di Desa Krakal Kecamatan Alian kini dilengkapi dengan hunian villa mewah. Akses menuju tempat wisata ini juga cukup mudah, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus maupun angkutan...


Nonton Bareng Semi Final Indonesia melawan Uzbekistan Piala Asia U-23 2024 di Alun-Alun Pancasila

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Ribuan masyarakat Kebumen Nonton Bareng (Nobar) Semi Final Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Uzbekistan U-23 Piala Asia U-23 2024 di Alun-Alun Pancasila Kabupaten Kebumen, Senin 29 April 2024. Timnas Indonesia U-23 terpaksa harus menerima kekalahan usai...


Sensasi berwisata petik buah melon di Petanahan

#Khas Kebumen

KEBUMEN ON NEWS - Golden Melon merupakan varian buah melon yang memiliki aroma harum dan rasa yang segar, dengan penerapan sistem fertigasi hidroponik yang berhasil dikembangkan salah satu praktisi hidroponik asal Kebumen Nanang Eko Sulaksono (41). Pemilik Malika Farm tersebut hampir setahun...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News