Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Penerbitan Sertifikat Elektronik, Harapan Baru Bagi Desa dalam Peningkatan Pelayanan Lebih Cepat

Hanny Garnet

Dibaca 50x

2022-11-16 11:29:35

#

KEBUMEN ON NEWS - Perangkat Kecamatan Klirong menyambut baik penerbitan sertifikat elektronik untuk Kepala Desa. Hal itu juga diungkapkan Kepala Desa Klirong, Slamet, saat sedang melakukan proses pendaftaran tanda tangan elektronik di Sasana Pembiwara Dinas Kominfo, Kabupaten Kebumen, Rabu (16/11/2022). 

 

Diungkapkan Slamet, dirinya kadang merasa tak enak hati saat ada warganya yang hendak mengurus administrasi ke balai desa dan membutuhkan tanda tangannya namun ia tak berada di tempat.

 

Menurut Slamet, ada banyak agenda kegiatan yang kerap harus ia hadiri tanpa bisa diwakilkan. Ini yang membuatnya kerap tak berada di balai desa saat warga datang membutuhkannya.

 

"Ya rasanya gak enak, kasian ke warga kalau datang butuh urus ini itu perlu tanda tangan tapi saya sebagai Kades tak ada di tempat, mereka jadi terhambat," tutur Slamet.

 

Dengan penerbitan sertifikat elektronik ia berharap masalah-masalah itu tidak akan ada lagi.

 

"Harapannya semua jadi lancar, karena di manapun saya berada saat kebetulan ada tugas dinas, saya tetap bisa melayani warga," kata Slamet yang datang bersama petugas yang ditunjuknya sebagai operator. 

 

Seperti diketahui, Dinas Kominfo Kebumen melaksanakan Penerbitan Sertifikat Elektronik untuk Kepala Desa Tahap IV, yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 15 November s/d 17 November 2022. Setiap harinya ada sekitar 30 hingga 40 desa yang melakukan proses pendaftaran.

 

"Semua kami buat jadwal, agar prosesnya tidak memakan waktu lama," jelas Triana Cahyawati, salah satu Sub Koordinator dari Bidang PI Dinas Kominfo Kebumen. 

 

Diterbitkannya sertifikat elektronik, kemudahan dan kecepatan layanan akan diperoleh warga masyarakat yang membutuhkan tanda tangan Kepala Desa.

 

Dengan demikian, secara bertahap penggunaan tanda tangan basah yang dibubuhkan stempel pemerintah desa, akan segera ditinggalkan. Beralih dengan tanda tangan digital/elektronik. (garnet) 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News