Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Terima Bantuan Sosial Renovasi dan Relokasi Rumah, Warga: Alhamdulillah!

Hanny Garnet

Dibaca 40x

2022-11-23 15:51:17

#

KEBUMEN ON NEWS - Sarno salah satu warga terdampak bencana di Kecamatan Ayah yang rumahnya terkena longsor akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, ia mendengar bahwa Bupati Arif Sugiyanto sudah menyiapkan anggaran bantuan untuk para korban banjir longsor bahkan korban kebakaran di Kabupaten Kebumen.


"Alhamdulillah, saya dengar katanya Bupati akan kasih bantuan, bukan hanya renovasi dan relokasi rumah, tapi juga akan dikasih bantuan sosial berupa uang tunai puluhan juta," ucap Sarno dengan mata berbinar.


Ia mengungkap, sejak bencana longsor yang meratakan rumahnya, ia dan keluarga terpaksa menumpang di rumah saudara. Sarno pun mengaku sempat bingung akan bagaimana nantinya menjalani hidup.


"Tadinya sudah putus asa, bingung , masa mau numpang terus di rumah saudara," katanya.


Kebahagiaan Sarno tentu juga dirasaka warga terdampak bencana lainnya di Kebumen. 
Bupati memang sudah memberikan pernyataan akan diserahkannya bantuan yang dialokasikan dari anggaran di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen, serta Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan.


"Ada banyak warga kita yang terkena dampak sehingga mereka perlu dibantu, perlu penanganan, dan kita dari pemerintah telah mengalokasikan bantuan untuk mereka, baik itu renovasi rumah maupun pemberian uang tunai," jelas Bupati di Pendopo Kabumian, Rabu (23/11/2022).


Bupati juga menyatakan, bantuan yang dialokasikan dari Dinas Sosial total sebesar Rp80 juta untuk 7 orang penerima. Besarannya ada yang Rp2,5 juta, Rp10 juta, Rp12 juta, Rp15 juta sampai Rp20 juta, tergantung dari dampak kerusakan yang ditimbulkan.


"Data lengkap penerimanya ada di Dinsos, ada 7 orang dari berbagai kecamatan, mereka akan diberikan uang tunai dari yang terkecil Rp2,5 juta sampai ada yang Rp20 juta tergantung dampak kerusakannya. Pencairannya tahun ini, langsung kita berikan kepada perima manfaat," terang Bupati.


Kemudian, lanjut Bupati, pihaknya juga memberikan bantuan rehabilitasi dan relokasi rumah warga yang terdampak bencana longsor yang dialokasikan dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp540 juta. Penerima bantuan rehabilitasi dan relokasi rumah jumlahnya ada 21 orang. Mereka mendapat bantuan dari Rp15 juta hingga ada yang mencapai Rp30 juta. 


Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana, terutama mereka yang rumahnya rusak karena tertimpa longsor. Bupati terus mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati lagi dalam mengahadapi musim penghujan.


"Bagi masyarakat yang rumahnya berada di dekat tebing, saya mohon untuk lebih hati-hati lagi, ikuti arahan dari BPBD, bila perlu mengungsi ya apa boleh buat, demi mencegah terjadinya hal-hal buruk," pungkas Bupati. 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News