Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Waspada Bullying di Lingkungan Sekolah

Hanny Garnet

Dibaca 466x

2022-11-23 15:35:07

#

KEBUMEN ON NEWS - Kasus bullying di kalangan masih saja marak terjadi. Berdasrkan data yang ada, tak hanya pada orang dewasa, bullying bahkan bisa terjadi di level tanak-anak. 


Bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Bagi pelaku, tentu bisa dikenakan pasal. Namun bagi korban, tak hanya rasa malu namun bisa berdampak traumatik.

 

Agar kasus bullying tidak terjadi di kalangan siswa, penting untuk diberikan pemahaman yang baik terkait hal ini.


Salah satu siswa MTs Raudhatul Huda Desa Kebadongan,Kecamatan Klirong, Ria (12 tahun)  mengaku tak tau apa itu bullying. Namun saat ditanya, apakah pernah melihat kejadian saat temannya melakukan tindakan atau mengeluarkan perkataan yang menyakiti teman lainnya, Ria menjawab hal itu pernah ia lihat. Percakapan ini terungkap saat para siswa mendapatkan sosialisasi tentang bullying dari Koramil Klirong, Selasa (22/11/2022).


"Tau gak apa itu bullying ?" tanya Serma Diliyanto Atsabe dari Koramil 15/Klirong pada seluruh siswa MTS Raudhatul Huda.


"Tidak tahuuu," jawab para siswa serempak.


Namun saat diberi contoh tentang tindakan bullying, para siswa menjadi paham.


"Pernah lihat, ada teman yang diolok-olok lalu menangis, " tutur Ria.


Hal yang sama juga diungkapkan siswa lainnya.


"Mereka yang kadang usil ke temannya, tapi usil yang sampai kelewatan, itu sudah mengarah ke bullying.  Apalagi jika dilakukan terus menerus dan menimbulkan perasaan tak nyaman dan tertekan," jelas Serma Diliyanto.


Kasus bullying yang kerap terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia masih cukup  memprihatinkan. Hasil kajian Konsorsium Nasional Pengembangan Sekolah Karakter pada tahun 2014 misalnya menyebutkan, hampir setiap sekolah di Indonesia ada kasus bullying, meski hanya bullying verbal dan psikologis/mental.


"Kasus-kasus senior menggencet junior terus bermunculan," tambah Diliyanto. 


Bullying dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Mulai dari buullying dengan kontak fisik langsung. Seperti tindakan memukul, mendorong, menggigit, menjambak, menendang, mengunci seseorang dalam ruangan, mencubit, mencakar, juga termasuk memeras dan merusak barang yang dimiliki orang lain. Kemudian, bullying kontak verbal langsung berupa tindakan mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memberi panggilan nama (name-calling), sarkasme, merendahkan (put- downs), mencela/mengejek, mengintimidasi, memaki, menyebarkan gosip.


Perilaku non-verbal langsung juga dapat  dikategorikan tindakan bullying, seperti tindakan atau perilaku seseorang yang melihat dengan sinis terhadap orang lain, menjulurkan lidah, menampilkan ekspresi muka yang merendahkan, mengejek, atau mengancam; biasanya disertai oleh bullying fisik atau verbal. Lalu perilaku non-verbal tidak langsung seperti tindakan mendiamkan seseorang, memanipulasi persahabatan sehingga menjadi retak, sengaja mengucilkan atau mengabaikan, mengirimkan surat kaleng.


Saat ini bahkan sudah banyak terjadi Cyber Bullying. Yakni tindakan menyakiti orang lain dengan sarana media elektronik (rekaman video intimidasi, pencemaran nama baik lewat media social) hingga pelecehan seksual yang dikategorikan perilaku agresi fisik atau verbal.


Dampak bullying dapat mengancam setiap pihak yang terlibat, baik anak- anak yang di-bully, anak-anak yang mem-bully, anak-anak yang menyaksikan bullying, bahkan sekolah dengan isu bullying secara keseluruhan.


"Bullying dapat membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental anak. Pada kasus yang berat, bullying dapat menjadi pemicu tindakan yang fatal, seperti bunuh diri dan sebagainya. Dan ini bisa dikasuskan," tutup Diliyanto.  

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News