Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Banyak Akses Jalan Terputus Akibat Bencana, BPBD Kebumen Turunkan Alat Berat

Hanny Garnet

Dibaca 96x

2022-11-07 15:30:20

#

KEBUMEN ON NEWS - Hujan deras dan cuaca ekstrem di beberapa titik wilayah Kabupaten Kebumen pada, Sabtu ( 5/11/22) sampai dengan, Minggu ( 6/11/2022) mengakibatkan bencana. Pemkab Kebumen bersama TNI, Polri, dan relawan bencana juga warga, hingga saat ini terus melaksanakan kegiatan penanganan bencana di sejumlah titik lokasi bencana. Alat berat pun sudah diturunkan sejak hari pertama pasca kejadian dengan prioritas membuka akses jalan umum yang terdampak.


Dijelaskan Kepala BPBD Kebumen Haryono Wahyudi, pihaknya terus berkoordinasi untuk melakukan penambahan alat berat bekerjasama dengan DPUPR Kebumen maupun dari Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.


"Kami saling dukung untuk mempercepat penanggulangan bencana. Pembukaan akses jalan juga menjadi prioritas, sehingga dalam hal ini kami juga menurunkan mobil pemadam kebakaran dan tangki dari BPBD Kebumen," jelas Haryono. 

 

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kabupaten Kebumen tercatat, bencana banjir di 47 titik, tersebar di 6 kecamatan dan 16 desa. Kemudian, bencana tanah longsor di 288 titik yang tersebar di 14 desa dan 5 kecamatan, serta angin kencang di 3 titik di 2 wilayah kecamatan dan 3 desa. 


Dengan sebaran bencana yang cukup luas tersebut, mengakibatkan terputusnya akses jalan umum. Termasuk akses jalan menuju obyek wisata, seperti di jalan menuju obyek wisata Pantai Happy di Desa Ayamputih, maupun Pantai Menganti di Kecamatan Ayah.


Di Pantai Menganti, bencana longsor yang terjadi bahkan sempat menyebabkan beberapa kendaraan terjebak dan terisolir, karena akses jalan satu-satunya terputus. Termasuk juga kendaraan dan pengunjung yang kebetulan sedang menginap/berkemah di area pantai. Beruntung Pemkab Kebumen melalui BPBD Kebumen cepat melakukan penanganan cepat. Salah satunya dengan menurunkan alat berat untuk membuka akses jalan. 

 

Dalam rapat koordinasi bersama Bupati dan pihak terkait, Minggu (6/11/2022) Haryono Wahyudi  juga menjelaskan bahwa penanganan di lokasi bencana dengan alat berat dilakukan mulai dari Karangbolong, Pasir, kemudian dilakukan bergantian ke arah barat. 


"Fokus utama adalah membuka akses jalan k1 dan jalan desa yang tertutup material longsor," jelas Haryono.

 

Pemkab juga telah mengimbau warga untuk mengungsi ke desa lain yang lebih aman. Apalagi mengingat beberapa rumah warga rusak akibat bencana yang terjadi. Evakuasi ini dilakukan mandiri oleh warga di kawasan rawan bencana. Hingga saat ini total jumlah pengungsi mencapai 43 KK atau sebanyak 142 jiwa. 


Warga Desa Jladri Kecamatan Buayan ada sebanyak 22 KK atau 81 jiwa yang mengungsi, namun saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing karena dirasa sudah aman. Sedangkan di Desa Argopeni Kecamatan Ayah, tercatat sejumlah 15 KK 43 jiwa terpaksa mengungsi. Sebagian di KUD Minapawurni, yakni sebanyak 11 KK, dan sebagian lainnya mengungsi ke rumah saudara. Demikian halnya dengann warga di Desa Srati Kecamatan Ayah yang tercatat ada 2 KK dengan total  7 jiwa yang mengungsi ke rumah saudaranya.


Kondisi saat ini, sebagian besar banjir dan genangan sudah surut. Hal ini pula yang membuat beberapa warga yang mengungsi memutuskan untuk kembali ke rumah masing-masing. Mereka pun mulai melakukan pembersihan dengan kerja bakti. Disampaikan Warno (46 tahun) salah satu warga, apabila terjadi hujan deras dengan durasi lama mereka akan melakukan pengungsian lagi karena faktor keselamatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 


"Kami tetap siaga, kalau hujan turun terus menerus, kami sepakat untuk langsung ngungsi lagi ke tempat yang aman," jelas Warno. 

 

Untuk kebutuhan logistik, baik untuk warga terdampak bencana maupun logistik saat dilakukan kerja bakti pembersihan lokasi bencana, pemkab bersama-sama dengan dinas terkait tidak hanya BPBD Kebumen, namun juga Dinsos P3A serta PMI. Bantuan logistik juga diberikan beberapa donator untuk didistribusikan ke titik-titik bencana. (garnet/gp) 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News