Selamat datang di website Kebumen On News - Berita Terupdate Dari Warga Desa di Kabupaten Kebumen -|-

Pandan Kuning, Diantara Legenda dan Bersiap Mendegam

Hanny Garnet

Dibaca 958x

2022-11-01 11:03:39

#

KEBUMEN ON NEWS - Siapa yang tidak tahu, Kebumen memiliki banyak obyek wisata yang demikian indah. Pantai-pantainya membentang luas, dan menjadi pilihan bagi wisatawan, baik dalam maupun luar Kebumen untuk menikmatinya. 


Ada satu obyek wisata pantai yang cukup dikenal juga di Kebumen, bukan saja karena keindahan pantainya. Namun pepohonan nan sejuk serta 'kesrakakalan' tempat ini. Pandan Kuning namanya. 


Nama Pandang Kuning bagi sebagian masyarakat wilayah Kebumen tentu tidak asing terdengar di telinga. Karena nama tersebut selalu dihubung-hubungkan dengan Pantai Petanahan yang merupakan gerbang menuju istana alam ghaib di Laut Selatan yang dikuasai oleh seorang ratu yaitu Nyi Roro Kidul.


Konon, untuk bertemu Nyi Roro Kidul ada ritual tertentu dan tempat yang khusus yaitu Pondok Keramat Pandan Kuning yang terletak di sisi barat Pantai Petanahan yang berupa bangunan untuk bersemedi dan juga ada bangunan pendopo.


Seperti disampaikan Sunarti (49 tahun), salah satu warga Kebumen asli Kecamatan Petanahan yang kini berdomisili di Kebumen kota. Ia tampak antusias saat mendengar Pemkab Kebumen tak lama lagi akan menggelar event 'Kebumen Mendegam', tepatnya pada Desember 2022 mendatang. Event ini akan menjadi agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk menutup tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023 dengan serangkaian acara. Di antaranya konser musik dan juga Kebumen Half Marathon, atau lomba lari marathon. 


Menurut Sunarti, saat ia kecil, Pandan Kuning banyak didatangi orang yang memiliki tujuan tertentu. Beberapa yang datang melakukan semedi di Pondok Keramat Pandan Kuning. Konon kata Sunarti, jika beruntung, mereka yang melakukan semedi dapat bertemu dengan penguasa Laut Kidul dan dipenuhi apa yang diinginkan, dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.


"Ya, waktu saya kecil memang banyak orang yang datang ke Pandan Kuning. Saya lihat sebagain besar dari mereka bersemedi," tutur Sunarti.


Namun seiring berjalannya waktu, Pandan Kuning mulai terlupakan dari hal-hal mistisnya. Kebanyakan mereka datang karena ingin menikmati pemandangan pantainya yang memang indah, dan teduh karena banyaknya pohon cemara di sekitarnya.


"Kalau sekarang, orang ke Pandan Kuning ya untuk wisata, sudah gak kayak dulu lagi," tambah Sunarti.


Sunarti pun menceritakan legenda Pandan Kuning yang ia dengar dari kakek neneknya semasa masih ada.


"Menurut para sesepuh, dulu pada masa pemerintahan Mataram yang Rajanya Sutawijaya, terlahirlah seorang gadis cantik dan jelita yang bernama Dewi Sulastri. Namun gadis keturunan bangsawan selalu bersikap ramah pada siapapun," cerita Sunarti


Sunarti juga menceritakan bahwa gadis bangsawan Sulastri ternyata merasa terkekang dengan adat yang terjadi di lingkungannya. Lastri yang notabene adalah anak dari seorang Bupati Pucang Kembar, Bupati Citro Kusumo yang memang cukup disegani oleh warganya.


"Ternyata, Sulastri ini oleh ayahnya telah dicalonkan dengan Joko Puring. Seorang Adipati di Bulupitu. Ia tak mau dijodohkan dengan Joko Puring. Ia justru mencintai Raden Sujono, sekalipun hanya seorang anak Demang dari Wonokusumo, yang konon ceritanya, datang untuk mengabdi menjadi seorang pembantu," lanjut Sunarti.


Kemudian, Sunarti pun meneruskan ceritanya, kisah cinta Sulastri yang kemudian berubah menjadi sebuah cinta segitiga. Yakni, antara Joko Puring dan Raden Sujono yang sama-sama mencintai Sulastri.


Cinta segitiga ini akhirnya berkembang menjadi huru-hara bagi Kabupaten Pucang Kembar. Namun dengan modal tampan dan kesungguhannya, Raden Sujono berhasil mempersunting Ratu Ayu Kabupaten Pucang Kembar, menggantikan Citro Kusumo menjadi bupati di Kabupaten tersebut.


Prahara cinta ini tak berhenti sampai di sini, sekalipun sudah dipertaruhkan dengan adanya Sayembara dan dimenangkan oleh Raden Sujono. Buntutnya ketika suami Sulastri sedang menjalankan tugas negara memberantas berandal, atau preman-preman, secara kebetulan Joko Puring bisa membawa lari Sulastri sampai ke Pantai Karanggadung (sekarang dikenal sebagai Pantai Petanahan). Tetapi hal tersebut diketahui oleh Raden Sujono dan akhirnya terjadi lagi pertarungan yang maha dahsyat dua satria yang memang punya kesaktian. Namun begitu, Sulastri akhirnya bisa direbut kembali oleh suaminya.


Dalam versi lain menurut Sunarti juga disebutkan, bahwa ketika Sulastri diikat pada pohon Pandan ternyata ada suatu keajaiban. Pandan tersebut berubah menjadi Pandan Kuning dan nama tersebut digunakan untuk memberi nama tempat istirahatnya Sulastri dan suaminya, setelah Joko Puring berhasil dihalau pergi entah kemana.


Itu adalah kisah legenda dari Pandan Kuning. Kini Pantai Pandan Kuning yang berada satu lokasi dengan Pantai Petanahan sudah menjadi sebuah obyek wisata yang demikian indah. Tak hanya Sunarti, warga sekitar cukup antusias dengan akan digelarnya event 'Kebumen Mendegam'. Namun mereka berharap saat event berlangsung, semua tetap menjaga tindak tanduk dan perilaku dengan baik. (dp/gp) 

 

 

BERITA LAINNYA


Wisata Mini Ancol Pandankuning Park Petanahan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Pandan Kuning Park merupakan sebuah tempat wisata baru yang ada di Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Konsep wisata berupa mini Dufan Ancol dengan banyak wahana. Wisata ini bisa menjadi pilihan saat ingin berlibur bersama...


Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Obyek Wisata Songging Waterpark Candi Tirta Pelangi yang terletak di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo merupakan destinasi wisata yang berkonsep water park. Destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga. Wahana wisata ini merupakan...


Destinasi Wisata Baru Mezzo Beach Club Kebumen

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata pantai, goa, maupun pegunungan. Kini Kabupaten Kebumen memiliki destinasi wisata baru. Wisata baru di Kebumen ini bernama Mezzo...


Menpora RI Menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Ambal

#Olahraga

KEBUMEN ON NEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo kembali...


Tradisi Grebeg Syawal Miritpetikusan

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Kabupaten Kebumen memiliki banyak tradisi di setiap wilayah, salah satunya seperti Grebeg Syawal atau Grebeg Kidul merupakan tradisi di Kabupaten Kebumen yang diadakan di laut. Tepatnya di laut Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Tradisi Grebeg Syawal di Desa...


Destinasi Wisata Baru Pantai Heppii Ayamputih Buluspesantren

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS - Wisata pantai merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan untuk menghilangkan penat. Keindahan pantai memang tidak ada habisnya, sepanjang dirawat dan dilestarikan. Salah satu destinasi wisata pantai baru yang indah yakni Pantai Heppii terletak di Desa Ayamputih...


Kawasan Wisata Religi Bulupitu

#Pariwisata

KEBUMEN ON NEWS -Bulupitu yang merupakan petilasan orang-orang kerajaan menjadi tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat berbagai daerah dari luar Kebumen. Wisata religi Martaban Bulupitu yang berada di Desa Tunjungseto, Kecamatan Kutowinangun,...


Anda ingin menjadi contributor
di Kebumen On News ?

Daftar On News